Menu

Pencahayaan Di Kamar

Untuk menikmati kenyamanan di rumah, salah satunya dibutuhkan keberadaan pencahayaan. metode pencahayaan di rumah ada dua, alami dan buatan. Dalam pembahasan edisi kali ini, akan dijelaskan dua metode dari pencahayaan buatan atau artificial lighting.

General lighting

General lighting adalah sistem pencahayaan yang menjadi sumber penerangan utama, sehingga penghuni dapat leluasa bergerak dan menjangkau setiap sudut hunian dengan baik. Umumnya penerangan dilakukan dengan cara menempatkan titik lampu pada titik tengah ruangan atau pada beberapa titik yang dipasang secara simetris dan merata. Tujuan menggunakan general lighting untuk menghasilkan sumber cahaya secara terang dan menyeluruh. Umum digunakan sebagai general lighting diantaranya lampu TL atau downlight, lampu gantung, dan lampu di langit-langit.

pencahayaan di rumah

lampu gantung yang diletakkan di atas ruang makan yang mengarah pada meja makan

Area Ruang Makan juga membutuhkan cahaya yang cukup terang

Area Ruang Makan juga membutuhkan cahaya yang cukup terang

General lighting cocok digunakan untuk ruangan yang memiliki aktivitas tinggi seperti Ruang Keluarga, Ruang Kerja, Ruang Makan, Dapur, dan area umum lainnya,. Selain itu, dapat pula digunakan pencahayaan tidak langsung (indirect lighting) dengan lampu tersembunyi yang memanfaatkan bias cahayanya saja. Keunggulan lampu ini dapat menghasilkan cahaya yang merata tanpa membuat mata silau dan suasana hangat pun lebih terasa dengan tampilan lampu warna Kekuningan.

Task lighting

Pencahayaan buatan kedua yaitu task lighting yang merupakan sistem pencahayaan yang difokuskan pada suatu area dengan tujuan membantu aktivitas tertentu yang diperuntukkan membantu penghuni dalam melakukan kegiatan khusus. Misal lampu baca di Ruang Kerja untuk menghindari mata tidak cepat lelah, lampu di meja rias, lampu di atas counter tahle yang memungkinkan orang untuk membaca resep masakan ketika akan memasak, serta lampu gantung yang diletakkan di atas Ruang Makan yang mengarah pada meja makan.

pencahayaan di rumah

pencahayaan di rumah :selain diperuntukkan sebagai lampu penegas,fungsi task lighting juga dapat berfungsi sebagai pembentuk suasana

Lampu baca ruang kerja untuk menghindari mata agar tidak cepat lelah sebagai element task lighting

Lampu baca ruang kerja untuk menghindari mata agar tidak cepat lelah sebagai element task lighting

Task lighting akan memberikan pencahayaan yang lebih terang pada area kegiatan daripada area lainnya, sehingga memudahkan penghuni dalam melakukan aktivitas. Selain diperuntukkan sebagai lampu penegas fungsi, task lighting juga dapat berfungsi sebagai pembentuk suasana.

Sesuai kebutuhan

Untuk mendapatkan pencahayaan yang baik penggunaan lampu sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Tidak terlalu banyak maupun sedikit, agar penerangan dalam satu ruang bisa maksimal. Lampu-lampu yang digunakan sebagai penerangan utama harus lebih terang dari lampu-lampu di ruang lainnya. Misal Ruang Tamu atau Dekorasi Kamar Tidur (Baca Juga Desain Interior Kamar Tidur Anak) memiliki kebutuhan penerangan yang berbeda. Kamar Tidur biasanya menggunakan lampu yang lebih redup, karena digunakan sebagai area istirahat pemilik rumah. Bisa juga dengan memanfaatkan dinner agar gelap-terang ruangan bisa diatur, sehingga jika dibutuhkan ruang yang sangat terang bisa langsung diwujudkan.

Pencarian terkait:

content

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *