Menu

BATIK NAIK PAMOR DARI PAKAIAN KE DESAIN INTERIOR

BATIK NAIK PAMOR DARI PAKAIAN KE DESAIN INTERIOR

Batik yang terkenal di fesyen, kini juga meramaikan dunia interior. Keindahan corak, motif, dan warnanya yang menawan, memikat para desainer interior dan arsitek untuk mengaplikasikan batik di setiap karyanya.

Demam batik. Itulah yang terjadi pada banyak orang dalam waktu yang hampir bersamaan, menggandrungi kain tradisional asli Indonesia ini.

batik pada ruangan

batik pada ruangan

Ya, batik seolah membius semua orang, dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Batik juga “menjerat” semua kalangan, dari kalangan orang biasa, pebisnis, politisi, hingga artis. Semua berlomba-lomba memamerkan keindahan pesona corak, motif, dan warna batik yang begitu beragam.

“Saya penggemar batik dari dulu sampai sekarang. Dulu aja suka, apalagi sekarang makin suka. Batik sekarang itu motifnya keren- keren. Model pakaiannya pun bagus- bagus. Tak hanya suka memakainya, saya juga mengaplikasi batik di semua gerai restoran yang saya miliki,” ucap Swan Kumarga, pemilik restoran Dapur Solo.

Pesona keindahan batik ini memang tak hanya memikat para desainer pakaian. Kini, banyak desainer interior dan arsitek yang menggunakan material batik untuk pembuatan karyanya. “Saat diaplikasi ke dalam ruang, batik mampu membuat desain terlihat unik dan menarik,” ucap Chandra, dari konsultan dradra99 architects.

Kesan kuno dan ketinggalan zaman yang dulu sempat melekat di batik, kini sirna. Batik mampu bermetamorfosa dalam banyak tampilan. Bak bunglon, ia mampu tampil dalam wajah etnik, tradisional, kontemporer, atau modern. “Semua tergantung cara mengemasnya. Kalau mau dibuat desain tempo dulu, bisa. Mau desain modern juga bisa. Sangat fleksible,” ucap Chandra.

MATERIAL CORAK BATIK

Yang menarik, booming batik di kalangan desainer interior dan arsitek membuat beberapa produsen bahan bangunan menciptakan material bercorak batik. Sebut saja Venus dan Indogress yang membuat ubin bermotif batik.

“Ada 6 motif batik yang telah diproduksi dan dijual dl pasaran. Ada 3 jenis ukuran, yaitu ukuran 20cm x 20cm, 30cm x 30cm, dan 40cm x 40cm,” ucap Tam/ll, Manager Marketing PT Venus Ceramica International.

Sementara, Catherine Lesmana, Customer Relations Officer PT Asri Pancawarna, mengungkapkan bahwa Indogress juga mengeluarkan ubin motif batik yang diberi tema Etnlka Serles. “Jenisnya ada 2 macam dengan ukuran 30cm x 30cm. Untuk aplikasinya bisa dl lantai atau dl dinding,” ucap Catherine.

Nah, bagaimana motif batik menciptakan desain unik dan menarik pada interior? Inilah beberapa contohnya.

Ubin Batik Pemanis Dinding

Ubin homogeneous tile bermotif batik merek Indogress berukuran 30cm x 30cm ini tampil cantik menghias dinding. Melatarbelakangi kursi. Dua ubin motif batik dipilih untuk mempercantik tampilan dinding dengan posisi memusat di tengah. Proses pemasangan ubin motif batik ini tak berbeda dengan proses pemasangan ubin dinding lainnya.

Untuk mendapatkan hasil yang presisi seperti ini, yang perlu Anda lakukan adalah mencari titik tengahnya. Setelah didapat titik tengah, pasang ubin motif batik 1 ini di tengah. Setelah itu,.pasang ubin motif batik 2 di area pinggirnya. Jangan lupa untuk menambahkan nat. Untuk mendapat hasil yang dramatis, tambahkan lampu spot. Lampu ini pun berfungsi untuk menonjolkan corak batik yang unik.

Gipsum Batik Percantik Furnitur

batik pada furniture

batik pada furniture

Motif batik pun ternyata mampu mempercantik furnitur. Furnitur meja ini contohnya. Di antara sela-sela furnitur meja dirancang desain motif batik dari material gipsum. Ukurannya dibuat selebar 10cm dengan ketinggian bervariasi. Jadi, gipsum-gipsum ini dicetak sesuai dengan motif yang dikehendaki. Kemudian, dikeringkan dan di- finishing dengan cat. Setelah itu, material ini ditempel di meja sesuai dengan desain dengan menggunakan paku tembak.

Peletakannya yang tak sejajar dan cenderung tak beraturan membuat tampilan meja ini makin terlihat manis. Ditambah, adanya pencahayaan alami yang membuat tampilan semakin menarik. Walau ada sentuhan batiknya, tetap saja meja ini tampil modern dan tak ada kesan kunonya.

PANEL DINDING DARI KAIN BATIK

Dinding panel dari kain batik?

Ini merupakan ide brilian. Cara membuatnya pun tidak sulit. Buatlah frame berbentuk kotak. Materialnya dari stainless Steel. Ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran rumah Anda. Sebagai perbandingan, panel ini berukuran lebar l,0m, tinggi 2,4m, dan tebal 0,1 m. Rangkanya menggunakan steinless Steel. Ketebalan ini diperlukan untuk menaruh instalasi listrik berikut lampunya.

Setelah frame jadi, tempelkan kain batik dengan menggunakan lem kain ke bahan akrilik yang sudah dipotong sesuai rangka. Tebal akrilik minimal 3mm. Jika sudah kering, tempel akrilik yang sudah ditempeli kain batik di rangkanya. Setelah itu, tambahkan intalasi listrik dan lampu di bajgian dalamnya. Terakhir, tempelkan ke dinding. Panel dinding dari batik pun siap memukau tampilan rumah Anda.

Rumah Lampu Berlapis Kain Batik

Ingin memiliki rumah lampu yang menarik seperti ini? Anda dapat membuat desain rumah lampu ini sendiri. Belilah akrilik lembaran setebal 3mm. Lalu, ukur sesuai dengan rumah lampu yang Anda inginkan. Setelah itu, eratkan dengan menggunakan lem khusus hingga membentuk lingkaran. Agar lingkaran tersebut sempurna, tambahkan rangka dari besi atau kayu berbentuk (+) di bagian lingkaran atas rumah lampu.

Setelah itu, gunting kain batik sesuai ukuran dan lapisi permukaan akrilik tadi dengan kain batik. Jangan lupa untuk menambahkan lem. Keringkan, lalu beri gantungan dari tali dan tambahkan instalasi listrik. Rumah lampu berlapis kain batik pun siap memukau ruang di rumah Anda.

Alas Duduk Berbaju Batik

Anda memiliki kursi-kursi zaman dulu yang tampilannya terlihat masih bagus? Anda dapat mempercantik dengan menambahkan alas duduk berbaju batik. Teknik ini bisa disebut memanipulasi tampilan agar furnitur kayu terlihat lebih menarik. Sebelum menambahkan alas duduk berbaju batik, cek dulu kursi lama Anda. Jika telah usang, cat terlebih dahulu dengan melamik.

Untuk alas duduknya, Anda dapat membuatnya dari bantalan isi kain, kapuk, atau busa. Materialnya persis seperti membuat bantal. Setelah itu, buat bajunya dengan menggunakan kain batik yang Anda sukai. Jangan lupa untuk menambahkan tali agar bantal tak”lari”kemana-mana. Kursi lama pun kembali tampil baru, kan ?

Mempercantik Fasad

Selain di interior, batikjuga dapat mempercantik area eksterior. Salah satunya di fasad bangunan seperti yang ada di Restoran Dapur Solo Sunter II, Jakarta Utara. Ada 2 elemen batik yang sangat menonjol di bangunan ini. Pertama, batik tampil dalam wajah print. Kedua, batik tampil dalam wajah metal cutting..

Untuk batik print, posisinya di area tengah fasad sehingga menjadi point of interest bangunan. Batik ini memiliki kelebihan dari sisi warna karena warna apapun yang Anda inginkan pasti terwakili. Sementara, batik dari metal, warnanya hanya abu-abu.

Dari segi kekuatan, antara batik print dan batik cutting ini lebih kuat batik cutting. Selain tahan cuaca, batik ini tahan karat. Jika berminat, batik teknik metal ini bisa dipesan. Bawa motif yang Anda inginkan dan harga akan ditentukan berdasarkan detail motif dan tingkat kesulitan membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *